CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Friday, January 18, 2013

Its About Our Passion

*bersihin layar blog* udah lama ngga diberesin. kasian lumutan. 


Karena gue islam, jadi gue awali dengan Assalamualaikum wr.wb

Gue disini mau bahas tentang ketidakpercayaan pelajar terhadap jurusan yang diambil. sip, akhir-akhir ini gue banyak denger orang bahkan orangtua menyinggung tentang ketidakpercayaan pelajar atas kemampuan dan kehebatan sendiri. dan gue paling sering denger keluhan anak-anak yang mau masuk penjurusan di SMA. such 'euw' things.

"Gue IPA atau IPS ya? Kalo IPS ntar dibilang cupu, kalo IPA ntar ngga nyambung sama cita-cita gue, terus gimana dong?" 

come on cems, 2013 masih mikirin hal kayak gitu udah ngga asik, mending mikirin 1001 hal mendapatkan gebetan(?). sip.

Kalo lo hebat, cerdas dan berakal pasti lo akan mikir lo mau kemana jurusannya apa dan targetnya nyampe apa ngga. kalo lo masuk jurusan hanya karna takut diremehin itu salah besar, berarti lo sama aja ngejatuhin dirilo ditempat yang salah.

Siapa bilang anak IPA semua sukses? i think no, buktinya banyak dokter yang lebih menyarankan untuk beroprasi diluar negeri dibanding negara sendiri, berarti itu faktanya kan dokter di Indonesia masih taraf 'percobaan' dan gue rasa ngga semua anak IPA akan berduit banyak, the fact is ada pengusaha yang lebih kaya dan lebih sukses daripada anak IPA. see? :) gue bukannya ngejelek-jelekin IPA, tapi gue cuman mau ngasih tau aja buat yang bingung ngambil jurusan apa nantinya, karna ngga cuman IPA yang akan membuat lo sukses nantinya. camkan ini!

Kalo lo tanya gue, gue jurusan apa gue akan jawab dengan bangga, gue anak ips. ngga malu karna gue udah tau dimana kemampuan gue dan batasan-batasannya. meskipun banyak yang bilang IPS itu jurusan cupu, gue ngga percaya, gue ngga malu, bodoamat mau dibilang apa, yang penting gue paham dan lulus terus bisa langsung kecitacita gue yang sebenernya. malah ada cerita banyak orang stres garagara ngga masuk ipa. hey! ngapain nangis? kan masih ada jurusan lain, lagian semuanya bermanfaat kok. kalo ngga lolos dengan apa yang tujukan berarti itu bukan jodoh lo, ya inget aja sama Yang menciptakan, jika berkehendak ya terjadilah. ngejar jurusan kaya ngejar jodoh, harus disamain sama kemampuan lo, kalo nggatau kemampuan lo ya fatal jadinya, kalo jodoh pasti lancar, kalo ngga pasti nggabisa, gitu aja lah simpel.

Sebenernya sih gue dari dulu pengen banget masuk bahasa tapi kurikulum sekarang jarang yang nyediain bahasa. gue sih ngga peduli dengan orang yang ngomong sama gue "ngapain bahasa? mau jadi apa ntar?" ya mau jadi orang lah, bahasa ngga selalu menjadi yang terpuruk, justru gue kasian sama orang-orang yang dimasukin bahasa lalu dicap sebagai anak berandalan. bahkan gue sering denger kalimat menyakitkan ini "Brandal! masuk bahasa aja sana lo" . Gue tau bahasa itu sudah sejak dari lahir, tapi ngga perlu digituin jugalah, seakan bahasa adalah kurikulum tercupu yang pernah ada. Padahal kalo lo mikir, lo pasti lebih milih masuk bahasa, kenapa? you can learn any language, menguasai 100 kosakata bahasa juga tak mudah, jadi jangan remehin tuh bahasa indonesia.

"emang kalo masuk bahasa, ntar jadi apa? translator doang dong" weits! tunggu bray, jangan su'udzon dululah, bahasa ngga selalu bercitacita translator. banyak alasan yang membuat orang jadi pengen masuk bahasa. kalo ngga percaya, lo bisa jadi penulis best seller dengan kosakata lo yang bagus karena banyak memahami bahasa lewat jurusan lo itu, selain penulis, yang pasti lo bisa ngobrol dengan orang banyak, misalkan lo ambil jurusan bahasa terus lo ngambil bahasa asing misalkan kaya bahasa korea, nah ntar disitu lo akan punya banyak temen terus lebih eksis dan akhirnya lo penasaran dengan negaranya, terbanglah lo kesana, ketika udah hafal kosakatanya lo ngobrol sama orang sana, misal keajaiban bertemu dengan salah satu staff management SM misalkan, terus lo ngobrol dan lo mau kerjasama sama mereka, itukan ngobrolnya jadi gampang dan mudah direalisasikan. dan yang pasti lo akan kepo dengan negara lainnya karna pengen punya banyak temen lagi dari beberapa negara. jadi jangan remehin tuh bahasa!

Tapi jangan semua pengen IPA atau IPS bahkan bahasa, nanti yang jadi dokter siapa? yang sakit siapa? yang nanggung pajak siapa? yang jadi translator siapa? Nah, makanya pikir dari sekarang sebelum nyesel, karna sekali salah masuk, lo membuat kesalahan yang besar. jadi pikir baik-baik.

Karna kesuksesan bukan berasal dari nilai rapor ipa/ips/bahasa lo, but its from passion, its about our passion. sukses berawal dari passion, kalo lo suka, yaudah, nggausah nanggepin omongan orang lain.

So, goodluck cems! semoga tepat pilihan lo.

Wassalam.



0 comments: